-->
BLANTERWISDOM101

Sejarah, Pengertian dan Fungsi WWW di Website

Wednesday, January 1, 2020
WWW adalah? Apa yang di maksud dengan WWW dalam website?

WWW adalah kepanjangan dari World Wide Web, menurut MCLeod WWW adalah informasi yang di akses melalui internet yang berisikan dokumen hypermedia/ file-file komputer yang di simpan dan kemudian di ambil dapat di ambil dengan menentukan alamat yang unik.

Pengertian WWW menurut para ahli lainnya :

Akbar Kaelola
Pengertian WWW menurut Akbar Kaelola adalah media bagi manusia dalam kegiatan berbagi dokumen, gambar, film, musik dan informasi, serta menjual barang dan jasa di internet.

Lisa Kuswayatno
Pengertian WWW / World Wide Web menurut Lisa Kuswayatno adalah suatu layanan internet dengan menggunakan konsep hypertext antar dokumen yang saling berkaitan.

F. Budi Hardiman
Menurut F. Budi Hardiman, pengertian World Wide Web adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh.

Sejarah Singkat WWW 


Pada Tahun 1989, Berawal dari ide membuat sebuah protokol di internet, Tim Berners Lee ingin menggunakan itu sebagai sistem distribusi informasi. Kemudian di tahun 1990, Tim Berners Lee menemukan tiga hal dasar yang menjadi basis website, yaitu HTML (Hypertext Markup Language), URL (Uniform Resource Identifier), dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Dan akhirnya Tim Berners Lee menemukan World Wide Web (WWW) yang berawal dari kebutuhan untuk menyusun arsip dari riset-riset miliknya pada tahun 1991.

Fungsi WWW dalam Website


Berdasarkan pengertian WWW di atas, WWW dapat di fungsikan sebagai penyedia media data dan informasi seperti, gambar, video, dokumen yang secara langsung menghubungkan pengguna ke berbagai macam web server melalui internet. 
Share This :
Adit Didit

Seorang Desain Grafis dan Illustrator yang mencoba meluangkan waktunya untuk menjadi Penulis