-->
BLANTERWISDOM101

5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Share Lokasi di WhatsApp 100% Work

Wednesday, April 21, 2021

Seperti kita tau saat ini kita dapat membagikan posisi atau lokasi kita ke teman, kerabat, keluarga dengan mudah hanya dengan menggunakan media sosial, salah satunya WhatsApp. Tapi apa kamu pernah mengalami masalah tidak bisa share lokasi WA?

Cara Mengatasi Tidak Bisa Share Lokasi Di WhatsApp

Pasti jengkel banget kan, ketika lagi penting-pentingnya, kamu malah tidak bisa share lokasi kamu. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kamu tidak bisa share lokasi di WhatsApp. Dan disini saya akan memberikan cara mengatasi hal itu.

Langsung saja berikut solusi bagi kamu yang tidak bisa share lokasi di whatsapp.

1. Pastikan Aplikasi WhatsApp sudah terupdate ke Versi Terbaru

Jika kamu masih menggunakan whatsapp versi lama, ada kemungkinan terdapat beberapa bug yang menyebabkan kamu tidak bisa membagikan lokasi ke kontak kamu. Cobalah untuk periksa di Playstore atau Appstore dengan mencari aplikasi WhatsApp, jika tersedia untuk update silahkan di update terlebih dahulu dan coba untuk membagikan lokasi ke salah satu kontak kamu. Jika tetap tidak bisa silahkan baca langkah selanjutnya.

2. Ijinkan Aplikasi WhatsApp untuk mengakses lokasi

WhatsApp tidak bisa semena-mena mengakses lokasi kamu, karena ini berkaitan dengan privasi kamu. Oleh karena itu setiap habis mendownload whatsapp kamu akan diberikan suatu tindakan untuk memberika akses lokasi ke whatsapp atau tidak. Mungkin kamu tidak tau atau kepencet tidak, sebab itulah mengapa kamu tidak bisa mengakses lokasi di whatsapp.

Untuk mengatasi hal itu, kamu cukup mengubah pengaturan untuk memberikan akses lokasi untuk aplikasi whatsapp. Caranya pergi ke Pengaturan di HP kamu lalu Aplikasi > Izin > Lokasi > Pilih Izinkan hanya saat aplikasi digunakan.

Setelah mengatur itu silahkan coba buka whatsapp dan bagikan lokasi kamu.

3. Mengupdate Google Map ke versi Terbaru

Jika kamu sudah menggunakan cara pertama dan kedua, cobalah untuk men-update Google Map ke versi terbaru. Seperti yang kita tau Android menggunakan Google Map sebagai map default, jika ada bug terdapat pada Google Map berarti GPS kamu ikut terkena dampaknya dan aplikasi WhatsApp pun juga begitu.

Jika kamu menggunakan IOS / Iphone, coba perbaharui aplikasi Maps di Appstore. Jika sudah silahkan test share lokasi di WhatsApp.

4. Perbaiki Perangkat GPS pada HP

Jika masih tidak bisa, kemungkinan buruknya adalah GPS yang ada di perangkat kamu mengalami kerusakan. Untuk mengatasi ini kamu memerlukan bantuan orang yang ahli. Pergilah ke tukang service HP dan tanyakan padanya, serta tanyakan apakah dia bisa memperbaikinya atau tidak.

Kalau kamu tidak memiliki dana yang cukup atau tidak ingin memperbaiki HP kamu karena alasan lain, jangan kawatir karena masih ada satu cara yang bisa kamu lakukan, silahkan baca langkah selanjutnya.

5. Gunakan Link Share Pada Google Map

Cara terakhir ini adalah cara alterlanif yang bisa kamu gunakan jika keempat cara di atas tidak bisa kamu lakukan. Cukup simple dan mudah kok.

  • Pertama Buka aplikasi Google Map.
  • Jika GPS HP kamu benar-benar rusak, maka lokasi tidak akan terbaca dan bisa saja Google Map memberikan Map acak.
  • Carilah lokasi kamu secara manual, atau bisa ketik lokasi kamu secara manual.
  • Tekan dan tahan di posisi yang sekiranya sesuai dengan lokasimu saat ini.
  • Kemudian tekan Bagikan > WhatsApp > Pilih Kontak > Selesai
  • Atau tekan Bagikan > dan Salin Link ke Papan Klip
  • Buka WhatsApp dan cari kontak teman kamu, Paste Link dan kirim.
  • Nanti teman kamu akan membuka lokasi kamu melalui link yang mengarah ke Google Map sesuai Pin yang kamu tandai.

Yap itulah 5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Share Lokasi di WhatsApp, tidak perlu panik jika kamu tidak bisa share lokasi karena masih banyak cara. Salah satunya adalah memberikan alamatnya saja di sertai dengan patokan-patokan di dekat lokasi kamu. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dan semoga bermanfaat.

Share This :
Adit Didit

Seorang Desain Grafis dan Illustrator yang mencoba meluangkan waktunya untuk menjadi Penulis

Berkomentarlah sesuai dengan topik. Terimakasih.