-->
BLANTERWISDOM101

Penjelasan dan Fungsi Lengkap Selection Tool Pada Adobe Illustrator | Tutorial untuk Pemula

Tuesday, January 18, 2022

Terdapat banyak tools yang ada pada Adobe Illustrator, semua tools memiliki fungsi masing-masing. Untuk memulai belajar Adobe Illustrator, kalian perlu memahami tool yang bernama Selection Tool. Tool ini sangat wajib dikuasi oleh para desainer. Oleh karena itu pada postingan ini saya akan memberikan penjelasan dan fungsi lengkap Selection Tool pada Adobe Illustrator.

Selection Tool

Selection Tool adalah tool yang digunakan untuk mengeleksi object/memilih object yang diinginkan, kemudian kalian dapat memindahkan, merubah ukuran, memutar object tersebut. 

Tips Menggunakan Selection Tool Adobe Illustrator

Dalam penggunaan selection tool ada beberapa tips dan trik yang sangat membantu dalam pekerjaan, langsung saja berikut tips menggunakan selection tool dengan benar.

1. Seleksi Object Dari Satu
Yang pertama adalah seleksi object sekaligus, cara nya tekan tombol "Shift" pada keyboard kemudian pilih object mana saja yang ingin di pilih. Dengan ini kalian bisa mengubah object tersebut dengan sekaligus.

2. Menggandakan / Duplikat Object dengan Cepat
Kalian bisa menduplikat suatu object yang kalian seleksi dengan cepat tanpa harus copy / paste. Caranya seleksi Object yang kalian inginkan kemudian tekan tombol "Alt" dan geser object ke area yang kalian inginkan.

3. Cara Memindahkan Object Secara Sejajar
Membuat desain yang presisi / sejajar merupakan hal yang penting. Jika kalian bingung untuk melakukannya, kalian bisa gunakan tombol "Shift" di keyboard kemudian geser object, ini akan membuat object berpindah ke kanan / kiri atau atas / bawah dengan sejajar.

Kalian juga dapat mengkombinasikan Selection Tool dengan tombol Shift + Alt yang berguna untuk duplikat object dan memposisikannya dengan sejajar.

4. Cara Memperbesar Object dengan Benar
Untuk memperbesar ukuran kalian dapat posisikan kursor mouse pada pinggir object, maka kursor akan berubah dan siap digunakan untuk merubah ukuran. Ada beberapa tombol tambahan untuk memperbesar ukuran object yang sangat berguna, yaitu
- Selection Tool + Shift = Merubah ukuran dengan bentuk yang sama.
- Selection Tool + Alt = Merubah ukuran object dari posisi tengah object
- Selection Tool + Alt + Shift = Merubah ukuran dari posisi tengah object serta tidak merubah bentuknya.

5. Cara Memutar Object dengan Benar
Selection tool juga dapat kalian fungsikan untuk memutar object, caranya posisikan kursor mouse di pojok object sehingga kursor berubah menjadi ikon rotate. Dan kalian dapat menggunakan tombol "Shift", dimana object kalian hanya akan bisa berputar dengan sudut 45, 90, 135, 180, 225, 270, 315 dan 360 derajat. 

6. Shortcut / Cara Cepat Memilih Selection Tool
Jika kalian sedang menggunakan tool lain, kalian dapat menggunakan shortcut supaya lebih cepat memilih object yang kalian inginkan. Caranya tekan dan tahan tombol "Ctrl" maka tool akan berubah menjadi selection tool. Atau kalian juga dapat menekan tombol "V" pada keyboard, ini akan merubah tool menjadi selection tool dengan cepat.

Yap itulah penjelasan beserta fungsi selection tool pada Adobe Illustrator, semoga tutorial ini berguna dan dapat membantu kamu yang sedang mempelajari Adobe Illustrator. Bagi kalian yang lebih suka menonton, dapat menonton penjelasan dan cara kerja selection di video bawah ini. Terimakasih.


Share This :
Adit Didit

Seorang Desain Grafis dan Illustrator yang mencoba meluangkan waktunya untuk menjadi Penulis

Berkomentarlah sesuai dengan topik. Terimakasih.